HOME OWNER CONTACTS FAQs FOLLOW DBOARD NEWER OLDER

#34 Internship Experience (2/2)
Tuesday, 31 January 2017 - Permalink - 0 comment(s)
Nah, gua tepat janji kan? Beneran nih, udah ga boong lagi. Nggak omdo lagi. Tampilannya baru pula.
Okai. Gua lanjutin dulu cerita seputar magang yang baru setengah jalan. Sebelumnya, gua akhirnya jadi freelancer writer di salah satu media online! New venture sih, but it's okay. Lumayan nambah uang jajan. Toh juga kuliah padet, karena kerjaannya cuma nulis dan ga begitu berat ya gua oke-in. Thanks a lot for my bestie, Nopi <3

Selama magang di Detikcom, kerjaan gua cuma nulis dan translate artikel-artikel dari Soompi, AllKpop, dan Koreaboo. Jadi ya... cukup
suntuk juga sih. Awal-awal gua bisa nulis sampe 9 artikel per hari. Pernah juga 10. Tapi lama-lama jadi cuma 7 atau 8 hahaha.

Yang gua translate sih biasanya artikel-artikel penting, gosip, atau rilis lagu baru. Kalo ada rilis lagu yang menurut gua enak, gua bikin review amatirnya haha. Karena nggak gitu jago musik, gua harus sering-sering nyontek dari review-nya blogger lewat google. Thank you banget, kawans!

DetikHOT juga ada rayain Natal dan Tahun Baru ternyata. Tanggal 28 Desember 2016, kita janjian pake baju warna merah. Ada acara tukar kado juga sebelum rapat bulanan. Minimal harus 50ribu. Karena gua bingung mau ngasih apa, ya sudah gua beli dompet kecil yang biasanya buat naro uang receh di Gramedia. Harganya 54ribu lol. Gitu-gitu mahal juga ya.
Hasil tukar kado, ini dari Syarah. Thank you, fellow intern friend <3
Oh ya, ngomong-ngomong tadi gua sebut rapat bulanan. Jadi tiap kanal ada rapat bulanan. Ngebahas apa aja soal progress selama sebulan belakangan, kayak pageviews, saran dari Redaktur Pelaksana, dan apa aja yang harus ditingkatkan untuk ke depannya. Kalo ada masalah juga pasti dibahas. Biasanya sih anak lapangan yang lebih sering dibahas, eh nggak tahu juga lol. Kebetulan selama 2x ikut rapat, yang dibahas ya reporter lapangan terus. Enaknya dapet makan gratis hahaha. Karena pake uang rapat, gua nggak usah ganti uang makannya. Terima kasih detikHOT <3

Bicara soal makan, di detik enak. Kalau mau makan, sekitar jam 11 kurang bakal ada OB yang keliling dan nawarin mau pesan makan atau engga. Sebenernya sih makanannya cukup beragam, tapi itu-itu aja kayak soto, sate, pecel ayam/lele, nasi goreng, warteg, dll. Karena bosen, gua akhirnya lebih sering bawa bekel sendiri dibanding beli. Toh hemat uang jajan juga.

Ga terasa, 2 bulan berlalu. Minggu-minggu terakhir kerja di detikHOT, rasanya deg-degan sekaligus berat. Deg-degan karena bakalan balik ke kampus dan siap-siap bikin laporan magang plus skripsi, berat juga karena harus ninggalin redaksi kece ini. Kakak-kakaknya baik banget, tapi gua yang emang agak pendiem jadinya cuma bisa ketawa-ketiwi atau nyimak kalau mereka lagi ngobrol. Beberapa dari mereka juga sering liputan ke luar negeri, pas balik kita dikasih oleh-oleh. Biasanya sih makanan kayak cokelat hahaha.

Sayangnya selama magang, gua hampir liputan fanmeeting Monsta X. Tapi karena promotornya nggak jelas dan main batalin fanmeeting beberapa hari sebelum D-Day, akhirnya gua nggak jadi liputan. Seneng juga sih, weekend gua ga keganggu. Tapi tetep aja sebel, kan pengen ketemu artis K-pop gratis walau gak gitu kenal. Hehehehe

Buat kalian yang kebetulan baca dan bakalan magang atau belum magang, belajar dari pengalaman gua aja. Emang sih, perusahaan yang share poster lowongan di sosial media pasti emang nawarin posisi yang lagi dibutuhin, tapi ga ada salahnya untuk nyoba lamar ke perusahaan yang nggak buka lowongan magang. Karena siapa tahu mereka sebenernya lagi butuh tapi nggak sempat open recruitment through social media.

Terima kasih banyak untuk detikHOT. Maaf kalo artikel aku masih jelek, kurang baik bahasanya, dan kurang sopan selama di sana, atau mungkin juga terlalu kalem. Semoga detikHOT sukses selalu. Terima kasih untuk pengalaman kerja yang walaupun singkat tapi berkesan banget. Thank you and see you again! :)

Okei, sekian dulu untuk postingan kali ini. Gua akan lanjut sama cerita seputar Imlek. Yay!


Labels: , ,