HOME OWNER CONTACTS FAQs FOLLOW DBOARD NEWER OLDER

#29 2015 Year in Review
Saturday, 26 December 2015 - Permalink - 0 comment(s)
Menjelang akhir tahun, sangatlah tepat untuk memposting sesuatu di blog. (yah, kapan aja juga tepat sih)

Okay, seperti di judul, gua mau me-review kehidupan gua selama di tahun 2015 ini. Berhubung dalam hitungan hari, 2015 akan berakhir dan akan memasuki tahun baru yaitu 2016. Ga terasa ya, cepet banget. Tahun depan gua udah memasuki semester 4, sudah memasuki penjurusan konsentrasi. Sangaaaat cepat. Tahun depan juga...............gua............................................kepala dua.

TIDAAAAAAAAAAAAAAAAK.

Okay, let's start the review, shall we?

----------

JANUARI
Ah, gua kayaknya emang makin tua. Sialnya, gua agak-agak lupa bulan Januari lalu, apa aja yang sudah dilewati. Tapi satu hal yang melekat di ingatan gua, ini bulan di mana gua melaksanakan duty gua sebagai anggota tim dana di acara PFT Charity 2015. Jualan bunga di PIK, jualan bakpao di kampus, dan lain-lain yang sangat merepotkan sehingga gua ga menikmati liburan semester pertama dengan nyaman. Di bulan ini juga gua merasakan beban yang berat, karena selain jadi tim dana, gua juga mesti mengurus acara PFT hunting diksar ke Pangandaran lalu. Awal tahun yang cukup dilalui dengan berat memang, tapi satu hal pembelajaran yang gua dapetin, dan semua orang pastinya tahu. Tapi bener-bener ngerasa sih, kalo nyari duit itu emang susah. Susah banget. Se-sen pun uang itu sulit didapat sebenernya, apalagi kalo kita berasal dari kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dan gua sangat menghargai kerja keras para orang tua yang berusaha semaksimal mungkin mencari uang demi membiayai keluarganya, termasuk bokap nyokap gua. Terima kasih, Papi dan Mami.
(gaada foto, sengaja)


FEBRUARI
Oke gua juga lupa apa saja yang gua lalui di bulan ini. Yang jelas,
inget banget awal Februari, lupa tepatnya tanggal berapa, yang jelas antara tanggal 8 - 10 Februari, acara hunting diksar ke Pangandaran terlaksana cukup lancar. Walau masih banyak kesalahan dan defisit, tapi acara terlaksana dan selesai. Beban gua lepaaaaas. OHIYA tanggal 2 Februari itu gua pertama kali isi KRRS online. SANGAT MEYEBALKAN. Karena gua berkali-kali salah, ke-log out sendiri dan frustasi banget takut ga sekelas. Tapi untungnya habis itu gua sekelas sama Nopi. Sumpah, ini pengalaman isi KRRS pertama yang bikin pusing setengah mati hahaha. Gua teriak-teriak di kamar sendiri dan meratapi bagaimana lemotnya laptop gua. Kalau engga salah juga, bulan ini juga terlaksana acara PFT Charity ke Panti Asuhan Lumba-Lumba di Cilincing. Acara berjalan dengan lancar, dan dari acara charity ini juga gua belajar. Masih banyak orang kekurangan sembako yang seharusnya mudah didapatkan. Gua bersyukur UKM gua termasuk UKM besar, jadi kita bisa memberikan sumbangan untuk orang-orang membutuhkan. Daripada terus-terusan bikin acara happy bareng, alangkah baiknya juga tiap UKM di semua kampus Indonesia melaksanakan acara sosial seperti ini. Oh ya, di bulan ini juga semester 2 dimulai. Beda banget rasanya dari semester 1. Karena setiap kelas mata kuliah yang diambil, isi anak-anaknya udah ga sama. Bahkan gua pisah sama temen-temen gua. Tugas lebih menumpuk, dan baru berasa belajarnya hahaha. Semester 1 itu sampah banget sumpah, nyantai abis.

PS: di bulan ini juga gua pertama kali CAT RAMBUT!!!! Rambut gua dari hitam ke kuning HAHAHAHA.

MARET
Di bulan ini apa aja yang gua lalui ya........cukup lupa. Tapi kayaknya emang gaada acara berkesan sih, bulan ini cukup hectic karena tugas presentasi menumpuk. Inget banget di mata kuliah presentasi & negosiasi, gua mesti presentasi layaknya menjual sesuatu di pertemuan bisnis. Harus pake pakaian kerja di tiap mata kuliah PresNeg, terus mesti pake heels juga. Yaoloh, sangat benci sumpah di semester 2 karena tiap minggu mesti pake pakaian kerja. Hiks, tapi cukup mengajarkan gua sih cara berpakaian kantor yang baik dan benar itu kayak gimana. Seenggaknya gua belajar jadi cewek dikit walau untungnya ga perlu make up hihihi. Semoga kerja nanti jadi reporter, gua gaperlu pake heels karena menghambat pekerjaan banget. Gabisa ngejar berita kalo pake heels. Ah ya! Surprise buat Ije berhasiiiillll xixixixi inget banget kita sengaja lewatin satu minggu dari ultah dia, terus bawa dia ke kosan, bikin skenario biar dia bener-bener ga curiga, diakhiri dengan ending Ije kaget banget. Her priceless face was soooo hilarious! (Ah, gua juga inget kita saking begonya, nancepin lilin satu-satu di tiap donat. Padahal lilinnya gampang meleleh..........kita beli lilin-lilin kecil buat kue ultah itu loh. Jadilah kita buru-buru nyelametin donatnya)


APRIL
BULAN UTS!!! Inget banget gaada semangat-semangatnya kerjain UTS, eh ternyata hasilnya cukup memuaskan yang bikin gua kaget.... Tapi hasil UTS MKU (mata kuliah umum) gua semuanya gaada yang bagus hahaha. Pokoknya ini bulan di mana gua mager banget kuliah, dan masuk cuma buat kerjain ujian. Rumah gua ke kampus kan jauhnya dari sabang sampe merauke, men. Ah, sebelum UTS atau sesudah, gua lupa, sempet BBQ di rumah salah satu temen PFT gua. Just chill out together and had fun~

MEI
Ada apa ya di bulan ini.... sepertinya gaada sesuatu yang terlalu istimewa. Ah, pertama kalinya partisipasi di acara wisuda. Gua jadi anggota database waktu itu, sekedar copy paste hasil jepretan senior doang sih dulu. Cukup seru juga, karena waktu itu Billy Davidson lulus! Uwoooo ganteng ngets. Dan mungkin ini pengalaman pertama serta terakhir gua jadi panitia wisuda.........karena PFT ga ngurusin wisuda ke-65. Ergh, ceritanya panjang dan gua ga berniat mengacaukan mood bagus ini.


JUNI
UAS!! Ga nyangka pas di bulan ini.....semester 2 selesai. Gila, berasa cepat banget emang. Tapi tetep aja, UAS gua males-malesan lagi. Apalagi psikologi komunikasi, inget banget itu mata kuliah paling menyebalkan karena pada akhirnya gua dapet B karen UAS yang amat sangat jelek. Huft, bete. Mana 3 SKS. Tapi gua cukup senang karena IPs yang gua dapetin di semester 2 meningkat drastis. Jadi, IPk gua naik hehehe. Anyway, this one is the birthmonth of me and my brother! Yup, kita lahir sama-sama di tanggal 16 Juni. Hebat kan? Percaya? Hahahaha, sampai sekarang gua masih takjub, padahal bokap nyokap gua sama sekali ga kira-kirain tanggal lahirnya mau disamain. Sedikit cerita, adek gua hampir lahir tanggal 15 Juni 1999. Tapi karena dia bandel banget gamau keluar-keluar, akhirnya nyokap gua pulang sorenya di tanggal 15 itu. Dan besoknya barulah adek gua mau keluar.....mungkin dia pengen ulang tahunnya di tanggal yang sama hahaha.

Tapi.... nenek gua meninggal di bulan ini. Bulan yang harusnya jadi bulan menyenangkan, malah jadi bulan berduka. Gua shock, kaget, karena waktu itu nenek gua emang sempet dirawat. Gua juga sempet jenguk ke rumah sakit tempat nenek gua dirawat. Karena rumah sakitnya jelek dan dokternya ga bagus, akhirnya bokap gua dan om/tante gua mau pindahin Ama (panggilan nenek gua, kalo di keluarga Chinese) ke rumah sakit yang lebih bagus. Tapi, Ama lalu meninggal pas semua anak-anaknya udah ngumpul dan pindahin dia ke rumah sakit baru. Anyway, Ama gua yang ini mama dari bokap gua. Sekarang, gua udah gapunya kakek dan nenek, karena semuanya dari pihak bokap/nyokap udah tiada.

Ama meninggal pas gua lagi menjalani UAS. Dan setelah itu, gua inget tanggal 19 Juni, hari terakhir UAS, gua disurprise-in satu piring sushi untuk perayaan ulang tahun gua. Hehehe, duka gua jadi sedikit berkurang berkat mereka. Thanks guys! Love you all so much.


JULI
Libur libur libur libur liburrrrrrrrr. Males-malesan dirumah, jalan-jalan, males-malesan dirumah, jalan-jalan, males-malesan dirumah, jalan-jalan. Ketemu temen-temen lama, especially junior high school dudes! Namun kemudian di akhir bulan, setelah menjabat sebagai Koor Diktemu dan Ketua Pelaksana Diksar 2015, mulailah liburan gua terganggu lagi. But you know what, gua sama sekali ga merasa kesal. Namanya juga tanggung jawab.

AGUSTUS
Ini bulan dimana pertama kalinya gua keluar kota bareng besties, bertiga doang, tanpa penjagaan siapapun. Grace nyetir, gua arahin jalan, Cynthia molor di belakang. But it was fun!! Kita ke Kebun Raya Bogor buat hunting, foto-foto, selfie, dan sangat pinternya kita berakhir makan McDonald.......much less because we didn't know bogor's culinary food back then lol.
Lalu menjelang masuk kuliah, gua jadi sibuk, sibuk, sibuk.......................beresin PFT. Dan persiapan Diksar yang bikin stress lagi. Oh, pengalaman kedua isi KRRS online. Karena laptop gua waktu itu masih kayak bajingan, jadinya KRRS gua diisin temen. Hehehe. Dan senangnya, gua sekelas barengan sama 3 orang lainnya yang bikin tim gua ga cuma 2 orang lagi. Tapi ber-4 xixixi. Disini juga gua sempet survey ke Dufan dan TMII untuk diksar, yang bikin gua nyesel karena habis-habisin duit aja. Ga penting. Diksar lain kali juga gausah ke dufan sama tmii. Anak-anak baru gaada antusiasnya. Yang join juga dikit. Mahal pula. Gausah ngikutin kata senior yang jadul-jadul itu pemikirannya.

He, canda ya koko-cici. Peace.

Ah, di bulan ini juga perkuliahan dimulai. Semester 3, kelas yang ngacak lagi, dan dosen-dosen baru pun berdatangan. Yup, semua dosen di semester 3 ini baru. Gua belum pernah ketemu mereka di semester-semester sebelumnya. Untuk sedikit ulasan tentang dosen-dosen semester 3 gua, nanti di bulan Desember.

Bonus video:
video


SEPTEMBER
Acara diksar dimulai! Yah dibuka dengan lancar walau yang ikut waktu itu dikit. Jauh lebih dikit dari pas gua masuk PFT tahun lalu. Tapi karena acara berjalan lancar, itu aja udah cukup buat gua. Pas itu gua cuma pengen selesai, karena kepala gua bener-bener sakit ngerjain banyak hal. Apalagi tugas juga numpuk di bulan itu. Gils, bener-bener kuras energi banget. Tugas gua pun kebanyakan bikin video yang mesti mengharuskan gua syuting dan lainnya. Tapi semua gua lalui dengan ikhlas. Tanpa keikhlasan dan cuma bisa mengeluh, kerjaan ga akan selesai. Yang bikin gua sadar disini adalah, jangan mengeluh. Ngeluh emang ga dilarang, tapi itu artinya kita ga bersyukur. Ngeluh itu juga nyusahin diri sendiri, karena kerjaan gaakan selesai kalo kita ngeluh terus-terusan.


OKTOBER
Bulan UTS!! Yah, UTS semester ini telat karena adanya Wisuda Untar ke-65 yang dilaksanakan pada hari Rabu. Ga ngerti alasannya juga, padahal sebelum-sebelumnya selalu diadain hari Sabtu. Sumpah, mood belajar di sini sangat dikit dan bahkan nyaris gaada karena sudah dimanja dengan banyaknya dosen gabut di tiap mata kuliah. Kerjaannya cuma ngasih tugas yang bikin puyeng, tapi giliran kelas malah sering ga masuk. Mana pada pelit kisi-kisi, jadinya gua semakin gabut juga dalam hal belajar. Pembelajaran, dosen gabut akan sangat mempengaruhi gua juga dalam belajar. Dosen pelit nilai pun bikin gua muak karena kerjanya lebih gabut dari dosen yang cuma ngasih tugas. Dosen pelit nilai itu............menyebalkan. (Karena bulan ini ga begitu menarik, akhirnya w cuma ngasih foto selfie yang taken di bulan oktober. Ha.)

Bonus video:
video

NOVEMBER
Bulan terpusing. Oh ya, di sini juga acara diksar terakhir yaitu Graduation terlaksana, bersamaan dengan acara perdana PFT angkatan 2015 terbaru yaitu Hunting Diksar. Yup, kita ke Bandung. Persiapannya cukup.....mepet. Apalagi gua dipenuhi dengan tugas-tugas bikin video, ga cuma satu, bahkan ada empat. Jadilah keteter. Gua harus syuting ke sana-sini, ngadain rapat untuk Graduation + dekor. Endingnya adalah gua kena gejala demam berdarah. Untungnya masih gejala, jadi gua ga perlu dirawat. Cukup infus. Takut juga sih kalo sampe kena dbd lagi, dulu gua pernah kena dbd dan sampai dirawat. Dirawat itu gaenak banget, berasa lemah. Gua ga suka jadi orang lemah. Setelah sembuh, gua kembali ke rutinitas mengerjakan video dan dekor. Capek banget serius, bulan ini bener-bener bikin lelah. Hectic banget karena pengumpulan tugas + deadline semuanya bersamaan di minggu terakhir bulan November. Untungnya Graduation + Hundik berjalan lancar, walau panitia Hundiknya sih.... Cukup pasif hahaha. Wajar sih, dulu gua juga begitu pas Pangandaran. Tapi syukurlah, pengumpulan tugas ga terganggu, selesai dengan lancar. Di sini gua bener-bener belajar buat bagi waktu banget. Sampe harus keteter dan jatuh sakit. Ugh, pokoknya di semester-semester depan, gua gamau sampe keteter bahkan sakit lagi.

Oh!!! Foto paling fresh. This is me, after getting my hair done. The shortest haircut I've ever had but I didn't regret it ever. Actually, I love this one better! Gua udah mantep. Short hair is life!!!

 DESEMBER
UAS!! Finalllyyyyyyy setelah melalui dua minggu penuh penderitaan, harus hapalin ini itu, bolak balik dari rumah ke kampus cuma buat ujian, akhirnya semester 3 selesai! Di sini juga gua bener-bener bakal pisah jalur sama temen-temen satu tim..... Hiks. Ada yang ambil PR, ada yang iklan, dan gua ambil jurnal. Gua ga sendiri, sih. Ada temen sejati gua, si Nopi babi panggang, yang juga ambil jurnalistik. Tadinya dia mau ambil PR, terus beralih ke periklanan, lalu jatuh ke jurnalistik. Gua juga sempet melalui masa-masa dilema. Mau ambil jurnalistik atau periklanan? Karena PR udah gua blacklist. Tapi karena banyak orang mendukung gua ke jurnalistik, jadilah gua ambil jurnalistik. Rasanya emang gua lebih cocok di bidang ini, hehehe. Berhubung nilai UTS gua jelek-jelek, gua agak sedikit terdorong untuk belajar lebih giat walau sama aja........pada akhirnya, tetep males sampe akhir. Emang dasarnya saya ini pemalas.

Oh, dosen! Di semester tiga ini.....

Ada dosen tergabut sepanjang masa yang datang ke kelas, absen, presentasi 40 menit, lalu pulang. Dan mata kuliah dia punya beban 3 sks. Oh ya, dia juga hobi ga masuk karena suka keluar kota. (.....)
Berlanjut dengan dosen paling menyenangkan karna dia tukang lawak, bidang periklanan, hobi dateng telat dan membiarkan kita, mahasiswanya pun juga boleh dateng telat. Kelas selalu dimulai telat dalam waktu stengah atau bahkan pernah dalam satu jam. Dia juga hobi ga masuk, sama kayak dosen yang gua ceritain di atas. Bedanya dia sibuk, banyak acara dan sempet sakit sampe dirawat. Jadi selama semester 3, pertemuan kelas gua sama si dosen iklan ini bisa dihitung jari. Dari 14 pertemuan, pertemuan tatap muka kita cuma ada 6. (..........)
Kemudian dilanjutkan dengan dosen tergajelas sepanjang masa, pelit nilai, bukannya ngebagi ilmu di kelas tapi malah jadi pakar cinta gagal, dan gua ga suka dosen macam dia. Gabut total, pelit nilai, dan mukanya menyeramkan. Kayak teroris, sumpah. Karena gua ga suka sama dosen ini, mari kita tutup pembicaraan tentang dosen yang bikin mood jadi down.

Eh, tunggu! Gua mau ngasih apresiasi untuk dosen animasi gua. Oke, dia bukan dosen fikom, tapi dosen dari fakultas lain yang ngajar Animasi di fikom. Sumpah, baik banget dosen ini. Tugas untuk penilaian UTS yang harusnya dikerjain sendiri-sendiri, bisa dikerjain berdua. Yah walau tetep aja gua kerjain sendiri, karena dikerjain oleh dua orang cukup merepotkan, plus temen-temen gua juga maunya kerja sendiri. Tapi dosen ini emang super baik banget. Tutorial yang dia kasih rinci banget, sampe gua gausah ngedengerin dia pun juga udah ngerti. Mahasiswa yang telat ngumpulin tugas pas ujian, tetep boleh ngumpulin ke dosen gua langsung. Dan soal absen, dosen gua yang urus. Ugh, serius sih, udah dibantu kayak gini tapi masih banyak mahasiswa di kelas animasi gua yang kurang ajar. Kayak bandit.

Dan untuk sisa dosen yang gua ceritain..... Hahaha, mereka gaada kesan spesial. Dan gua gamau ceritain dosen-dosen semester 2, karena mereka menyebalkan semua.

Kesimpulannya, 2015 = tahun terpusing yang pernah gua lalui. Jadi mahasiswa itu ribet. Cuma bisa berharap, semoga 2016 lebih baik. But thank you for the greatest experiences that I've had. It means a lot to me. I'm pretty sure I've become, at least a slightest bit as a better person. Thank you, 2015! Merry Christmas, anyway!

Labels: , , , , , ,